Categories
Tips

Tips Mudah untuk HP Android

Mudah Ganti Keyboard Default

Keterbukaan platform Android membuat Anda mampu melakukan berbagai hal tanpa dibatasi apapun. Mulai dari mengganti tampilan dengan launcher favorit, ganti ikon sesuka hati, atur tata letak aplikasi favorit, menambahkan berbagai widget pilihan, hingga menggunakan keyboard terbaik untuk menggantikan default yang telah ditawarkan Android. Terkadang, sebuah aplikasi keyboard akan memandu Anda untuk menggunakannya sebagai default. Namun, tak semua demikian. Anda harus menemukan pengaturannya terlebih dahulu. Sulit menemukannya? 1. Buka ‘Settings’. 2. Tap pada opsi “Language & input”. 3. Cari opsi “Default” pada kolom “Keyboard & input methods”. 4. Buka dan pilih keyboard pilihan yang ingin dijadikan default. Dengan melakukan langkah di atas, niscaya Anda tak akan lagi menggunakan keyboard default dan beralih menggunakan keyboard baru yang telah Anda install.

Install Aplikasi Non-Play Store

Asyiknya platform Android adalah Anda dapat men-download berbagai aplikasi dari toko aplikasi bernama Play Store (Android Market pada smartphone tertentu). Namun, kadang tak semua aplikasi tersedia di toko tersebut, ada yang di-banned atau ditarik dari Play Store. 1. Buka ‘Settings’. 2. Tap ‘Security’. 3. Kemudian, beri tanda centang pada opsi “Unknown sources”. Cara ini juga berguna untuk para developer yang ingin menguji aplikasi garapannya sebelum dipasarkan melalui Play Store. Namun, Anda harus ekstra hati-hati karena aplikasi yang hendak di-install tak terjamin keamanannya. CHIP tak bertanggung jawab jika terjadi hal yang tak diinginkan pada perangkat Anda.

Buka Akses Developer

Beberapa perangkat Android biasanya belum memiliki akses sebagai developer. Padahal, akses ini berguna saat kita ingin menguji sebuah aplikasi yang sedang kita kembangkan. Untuk membuka akses tersebut, dibutuhkan sedikit trik yang cukup mudah. Caranya: 1. Buka ‘Settings’. 2. Tap pada opsi ‘About phone’ pada smartphone atau ‘About tablet’ pada tablet. 3. Cari informasi yang menunjukkan ‘Build number’. Kemudian tap opsi tersebut sebanyak 7 kali. 4. Geser ke kanan atau kiri untuk menentukan ukuran font. Setelah melakukan hal tersebut, opsi ‘Developer options’ akan tampak persis di atas opsi ‘About phone’ atau ‘About tablet’. Di dalamnya terdapat beberapa tools yang menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *