Categories
Parenting

Segudang Manfaat Bercerita

Lakukan secara rutin, cukup 15—20 menit sehari, maka si kecil pun akan memperoleh manfaatnya. Setiap orangtua pasti pernah melakukan aktivitas bercerita kepada anaknya. Bahkan boleh dibilang, bercerita adalah aktivitas yang sudah semenjak dahulu dilakukan oleh para orangtua kepada anakanaknya. Jadi, sesungguhnya bukanlah sesuatu yang baru. Sayangnya, keterbatasan waktu kerap membuat orangtua masa kini mengabaikan aktivitas ini. Padahal, ada banyak manfaat di balik kegiatan tersebut untuk tumbuh kembang anak.

Selain itu, aktivitas bercerita tergolong simpel dan tidak membutuhkan biaya besar. Kalaupun membutuhkan biaya, pastinya tidaklah banyak. Bahkan, bisa memanfaatkan beragam benda yang ada di sekitar kita, seperti: boneka, gelas, dan sendok atau berbagai peralatan rumah tangga lainnya untuk memperkuat cerita yang akan disampaikan. Apa sih yang dimaksud dengan bercerita ini?

Bercerita adalah menggambarkan tentang sesuatu hal secara verbal. Bercerita berbeda dari mendongeng. Bercerita bisa menuturkan apa pun, sementara mendongeng hanya menceritakan kisah yang fiktif alias tidak benarbenar terjadi yang idenya bisa jadi diberikan secara turun-temurun. Ada banyak manfaat yang dapat diraih oleh anak melalui aktivitas ini.

Di antaranya: mengasah imajinasi anak, mengembangkan kemampuan berbahasa, mengembangkan aspek sosial, moral, dan emosi anak, menumbuhkan semangat berprestasi, serta melatih konsentrasi anak. Melalui cerita, anak juga akan mengenali dan memahami berbagai alternatif penyelesaian konflik non-agresi. Tak hanya itu, bercerita juga dapat menjadi media untuk menjalin kelekatan antara orangtua dan anak. Anak akan mendapat pengalaman melakukan aktivitas bersamasama dengan orangtuanya.

Rambu-rambu Bercerita

Agar bercerita memberikan manfaat yang maksimal, tentunya Mama Papa disarankan melakukannya tidak hanya asal terlaksana. Ada beberapa rambu yang sebaiknya menjadi perhatian orangtua:

1. Pastikan orangtua dan anak duduk berhadapan ataupun berdampingan. Lokasinya dapat duduk di lantai, tempat tidur, atau kursi anak. Duduk berdampingan tak hanya memudahkan orangtua dan anak bercerita, sekaligus menciptakan kelekatan dan kehangatan secara emosional.

Untuk anak yang ingin sekali menguasai bahasa asing dapat memberikannya pelatihan bahas asing melalui tempat kursus bahasa Perancis di Jakarta yang terbaik. Sehingga ia bisa mahir dan menjadi bekal di dunia kerjanya mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *