Merancang Cerita yang Lebih Seru dan Kreatif

Ada beberapa langkah yang harus dipersiapkan sebelum bercerita. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut, niscaya kegiatan bercerita jadi menyenangkan dan memberikan hasil yang bermanfaat.

Siapkan materi cerita

Pastikan dalam bercerita, mama papa fokus pada cerita atau kisah yang sifatnya menghibur. Bisa bersumber dari mana saja, kisah yang sudah ada, pengalaman sendiri, pengalaman atau kegiatan anak sehari-har, masih banyak lagi. Saat bercerita perlu ada penjelasan atau pembukaan awal sebagai orientasi atau arah cerita, ada masalah atau konflik yang membuat cerita menjadi menarik. Tak ketinggalan solusi sebagai pemecahan masalah di dalam cerita dan reorientasi sebagai penutup dimana anak dapat diminta menceriktan kembali hingga menyebutkan nilai moral atau hikmah penting dalam cerita tersebut.

Memiliki keterampilan bercerita

Semua orang memiliki keterampilan bercerita. Agar bercerita menjadi aktivitas yng menarik dan berkesan, diharapkan orangtua kreatif saat menyampaikan, dapat dengan atau tanpa alat bantu. Misal, dalam bercerita, orangtua dapat menggunakan berbagai irama, tepuk tangan, lompat-lompat hingga menggunakan alat bantu berupa seprai, kursi atau apapun yang tersedia disekitar.

Memilih dan mempersiapkan tempat

Aktivitas bercerita tidak harus di tempat tidur menjelang tidur, tapi dapat dilakukan di ruang keluarga atau ruang lain. asal memenuhi kriteria kebersihan, keamanan dan kenyamanan. Upayakan orangtua dan anak dapat saling berdampingan satu sama lain.

Siapkan alat peraga

Bercerita dapat dilakukan dengan berbagai alat bantu atau alat peraga. Alat bantu merupakan bagian yang cukup penting karena dapat memengaruhi keberhasilan dari cerita. Semakin menarik alat bantu atau alat peraga yang digunakan, akan semakin menarik anak-anak. Pastikan alat bantu yang digunakan adalah benda-benda yang ada atau tersedia di sekitar, agar alat bantu tersebut dapat memicu kreativitas dan imajinasi yang lebih tinggi.

Keterampilan anak sangat berpengaruh dari kreativitas mama dalam menumbuhkannya. Untuk itulah tugas orangtua dimulai dari sejak anak kecil agar mereka terampil dan kreativ dalam segala hal. Hal ini sangat penting sekali untuk kemajuan dan kesuksesan anak. Sementara itu untuk anak yang membutuhkan bekal untuk tes bahasa asing dapat ikut pelatihan di tempat terbaik kursus IELTS Jakarta. Dengan demikian anak akan lebih percaya diri dan lancar dalam mengerjakan semua soal tes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *