HP Kamera Canggih untuk Download Gambar Keren

HP Kamera Canggih untuk Download Gambar KerenPengamat teknologi informatika, Heru Su tadi, mengatakan kame- – ra ponsel pintar kini mulai dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). “Ke depan, teknologi AI akan makin canggih dan banyak dipakai di ponsel,” kata Heru, kemarin. Salah satu vendor ponsel pintar yang mulai menggunakan teknologi ini adalah Honor, dengan ponsel andalan Honor 10. Presiden Honor Indonesia, James Yang, mengatakan Honor 10 dilengkapi kamera berteknologi AI dengan lensa ganda 24 MP+16 MP, yang dikembangkan dan didukung oleh prosesor Neural Processing Unit (NPU) dalam chipset Kirin 970. “Kamera ini dapat mengenali lebih dari 500 skenario dalam 22 kategori secara real-time,” kata James. Selain itu, kamera ini dapat mengenali garis bentuk berbagai obyek sekitar, seperti langit, tanaman, orang, atau bahkan air terjun, serta mengidentifikasi lokasi mereka secara instan. “Fitur ini didukung dengan teknologi Semantic Image Segmentation (SIS) pertama di industri ponsel pintar,” ujar James. Menurut James, teknologi SIS inilah yang menjadikan Honor 10 berbeda dari ponsel lain.

Teknologi AI 2.0 pada Honor 10 tak hanya disematkan di kamera belakang, tapi juga pada kamera depan beresolusi 24MP, sehingga menjadikan perangkat ini seperti teman swafoto pintar bagi penggunanya.“Fitur ini juga mendukung pengenalan wajah 3D, yang mampu mengoptimalkan detail wajah dan mendeteksi lebih dari seratus titik wajah untuk akurasi piksel,” kata James. Honor bukan ponsel pertama yang memakai teknologi AI. Mei lalu, LG meluncurkan LG G7+ ThinQ yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan di perangkatnya, terutama pada kameranya. “LG G7+ ThinQ merupakan ponsel LG pertama yang dibekali artificial intelligence. AI pada ponsel ini bukan hanya sebagai pengenal wajah, tapi juga bisa mengenali obyek yang diambilnya,” kata Head of LG Mobile Communications Indonesia, Heegyun Jang.

Dengan teknologi AI pada kamera LG G7+ ThinQ, Heegyun melanjutkan, konsumen tinggal memencet tombol dan mendapatkan hasil foto yang bagus sesuai dengan mode yang dikenali AI. Menurut Jang, saat AI diaplikasikan pada kamera ponsel pintar perangkat seharusnya tidak hanya mengenali wajah tapi juga situasi di sekitarnya. “Kamera G7+ ThinQ bisa mengenali 19 obyek, seperti pantai, langit, manusia, kucing, salju, teks, dan lain-lain,” ujarnya. Sebelumnya, Oppo telah mengaplikasikan kecerdasan buatan pada kameranya. Melalui kamera depan, Oppo mengembangkan teknologi ini dalam hal face unlock dan kemampuan kamera. Oppo juga memiliki Oppo F5 yang diklaim dilengkapi kecerdasan buatan pada kamera depan lewat fitur face unlock dan beautification.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *