Alat Wajib Pengusaha Bengkel Modern dengan Jasa SEO Semarang

Alat Wajib Pengusaha Bengkel Modern dengan Jasa SEO Semarang. Ukuran alat ini tak lebih besar dari laptop. Tapi, harganya bisa sampai puluhan kali laptop termahal. Meski begitu, pengusaha bengkel wajib memilikinya. Soalnya, dengan alat ini mekanik bengkel bisa menemukan kerusakan dan memperbaikinya. Itulah scanner. Mobil teknologi canggih seperti sekarang, terutama yang di era diproduksi setelah tahun 2000, tak lagi tersusun atas sistem mekanikal dan elektrikal, melainkan juga sistem elektronikal.

Bahkan, sistem elektronikal inilah yang kini menjadi pengatur sistem mekanikal dan elektrikal. Sistem elektronikal tersebut tak lain adalah komputer. Dengan komputer, mesin satu unit mobil bisa menunjukkan kinerja maksimal. Komputer juga membuat konsumsi bahan bakar oleh mesin tersebut menjadi efisien. Komputer pula yang memungkinkan sistem keamanan dan keselamatan mobil, macam air bag, sistem pengereman antiterkunci (ABS), sistem penerangan, berbagai sensor, hingga sistem tatasuara, bisa bekerja secara akurat.

Celakanya, berbeda dengan sistem mekanikal dan sistem elektrikal, melacak kerusakan sistem elektronikal tidak bisa hanya mengandalkan keterampilan mekanik bengkel. Karenanya, ketika satu unit mobil mengalami kerusakan, mekanik bengkel membutuhkan alat bantu yang dinamakan scanner.

Membaca Kerusakan Hingga Coding

Scanner pada prinsipnya merupakan alat bantu diagnostik kerusakan mobil yang sudah memasang teknologi komputer. Fungsinya untuk membaca kerusakan, menghapus kerusakan, membaca data, mengakti‑ an komponen, setting, dan coding (mengisi program pada komputer baru yang menggantikan komputer mobil yang rusak). “Yang full di-cover oleh scanner adalah sistem elektronikal,” jelas Robani, staf pemasaran PT Eka Karya Mandiri, salah satu pemasok scanner di Indonesia.

Melalui scanning pada komputer, kerusakan yang terjadi pada sistem mekanikal dan elektrikal juga bisa diketahui. “Lampu rusak terbaca, wiper rusak juga terbaca. Padahal, lampu dan wiper itu bagian dari sistem elektrikal,” tambah mantan guru Sekolah Teknik Menengah (kini Sekolah Menengah Kejuruan, Red.) ini. Setidaknya ada tiga merek scanner yang beredar di pasar Indonesia, yakni Autoboss, Autologic, dan Autel. Autoboss telah membuat empat tipe scanner, yang terbaru tipe Elite. Autologic mengeluarkan satu tipe.

Autel memasarkan tiga tipe masing-masing berupa scanner, videoscope, dan kamera inspeksi. Scanner dari dua merek pertama menggunakan layar sentuh, sedangkan Autel tidak. Di antara ketiga merek tersebut yang paling canggih scanner Autologic. Kemampuannya sangat lengkap, dari membaca kerusakan, menghapus kerusakan, membaca data, mengakti‑ an komponen, melakukan setting, hingga menjalankan tugas coding.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *