5 Manfaat Okra Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

Okra hijau merupakan tanaman kapas – kapasan dengan jenis okra yang berbentuk lonjong dan berwarna hijau dan manfaat okra hijau sudah banyak diketahui di luar negeri

Sehingga okra hijau sudah populer di berbagai negara yang ada di Asia, Eropa dan Australia. Bahkan okra sangat populer dan dipakai sebagai bahan dasar makanan di negara Philipina, Jepang, Arab Saudi, Sri Lanka dan beberapa negara di Eropa.

Namun, sayangnya di Indonesia, okra hijau masih belum populer dan masih jarang orang yang mengonsumsi okra hijau. Bahkan beberapa orang seringkali mengira okra hijau sebagai oyong. Padahal okra hijau dan oyong memiliki karekteristik yang berbeda.

Tubuh kita membutuhkan cukup serat, jika tubuh kekurangan serat maka bisa memicu penyakit – penyakit seperti susah buang air besar, kolestrol tinggi, diabetes, obesitas dan kanker usus besar. Untuk menghindari diri dari penyakit – penyakit tersebut sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Salah satu sayuran yang banyak mengandung serat adalah okra hijau.

Manfaat Okra Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

Okra hijau mengandung nutrisi seperti karbohidrat, kolesterol, energi, protein, folat lemak, zat besi, asam pantotenat, serat, sodium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, kalsium, magnesium, tembaga, potasium, fosfor, mangan, riboflavin, crypto – xanthin dan lutein zeaxanthin.

1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang lemah akan membuat seseorang menjadi rentan sakit. Untuk mencegah melemahnya sistem imun, diperlukan asupan vitamin C yang cukup setiap harinya. Mengonsumsi okra hijau dapat bermanfaat menjaga kekebalan tubuh Anda.

2. Memperkuat tulang dan gigi

Kandungan kalsium yang terdapat di dalam okra hijau sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, vitamin K yang terkandung dalam okra hijau juga membantu memperkuat tulang.

3. Melancarkan pencernaan

Anda akan terhindar dari masalah pencernaan jika Anda mengonsumsi makanan berserat. Manfaat okra hijau ini salah satunya adalah melancarkan pencernaan karena dalam okra hijau terdapat serat yang baik untuk pencernaan.

4. Menurunkan kolesterol

Okra hijau mengandung lemak yang baik bagi tubuh. Lemak yang ada pada okra hijau bukanlah lemak jahat maupun lemak jenuh. Mengonsumsi okra hijau secara rutin membantu Anda menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh dan juga meningkatkan lemak baik di dalam tubuh.

5. Mencegah kanker rongga mulut

Di dalam okra hijau ini terkandung senyawa antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh. Senyawa antioksidan ini dapat mencegah kanker rongga mulut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.