FUNGSI DI ATAS SEGALANYA

FUNGSI DI ATAS SEGALANYA

Kegiatan berbelanja menuntut kapasitas bagasi yang memadai. Sebuah station wagon sudah jelas sangat menunjang kegiatan ini. Kedua mobil ini memiliki kapasitas 5 penumpang. Dengan bangku baris kedua masih terpasang pun, kapasitas bagasinya sudah lebih dari memadai.

Apalagi jika bangkunya baris ketiganya dilipat. Namun, sebelum beranjak pada pembahasan utama yaitu kapasitas bagasi, mari sedikit menyinggung hal lain yang juga erat kaitannya dengan kegiatan berbelanja. Hal penting adalah desain sebuah mobil. Bagi pemilik mobil ini, kegiatan berbelanja biasanya dilakukan di pusat perbelanjaan atau mal. Sangat jarang mereka berbelanja di pasar tradisional.

Kegiatan berbelanja di pusat perbelanjaan atau mal kini tidak lagi dianggap semata berbelanja, tapi juga sebagai ajang pamer gengsi dan prestise. Untuk itu desain dan kemewahan sebuah mobil dianggap turut andil dalam mendongkrak gengsi para penggunanya ketika berbelanja. Nah, Mercedes-Benz 300TE memang memiliki desain eksterior yang klasik. Lampu depan berdesain mengotak dan berdimensi besar, khas Mercedes-Benz klasik lainnya.

Yang membuatnya menarik, terdapat wiper di lampu depan yang berfungsi untuk membersihkan permukaan mika lampu ketika terkena kotoran, lumpur misalnya. Bagian gril juga masih menyatu dengan kap mesin. Lambang three pointed star khas Mercedes-Benz juga masih terletak di atas kap mesin. Tampilan klasik menuntut Ryan Firdaus selaku pemilik MercedesBenz 300TE, untuk melakukan sedikit ubahan di sektor eksterior untuk membuatnya kian menarik.

Pertama-tama, untuk meningkatkan unsur sporti ia menggunakan bumper lansiran AMG yang khusus dibuat untuk Mercedes-Benz 300TE S124. Beruntungnya Ryan sudah mendapatkan 300TE varian Sportline yang merupakan varian tertinggi. Kemudian untuk membuat area kaki-kaki jadi lebih menarik, Ryan mengganti pelek standar dengan tipe AMG Aero 18 inci.

Shopping Activity

Beranjak ke interior, Mercedes-Benz 300TE terlihat tampil mewah di zamannya. Memang jika dibandingkan dengan Mercy modern, desain interiornya sudah mulai ketinggalan. Tapi mobil ini pun sudah menggunakan pelapis kulit berkualitas pada jok dan aksen panel kayu berwarna terang di banyak bagian interior. Tombol power window pun masih terletak di area konsol tengah.

Yang menarik, di area dasbor terdapat tongkat pengaturan kontrol audio bermerek Blaupunkt atau kondang disebut Blaupunkt Cobra Stick. Keunikan ini yang tidak lagi dijumpai pada produk Mercy modern. E250 Estate Avantgarde memang secara desain, sudah mengalami loncatan jauh meninggalkan saudara tuanya 300TE. Desain fascia sudah sangat modern berkat penggunaan desain lampu menyipit dan diimbuhi aksen DRL yang dinamis.

Logo three pointed star pun ditaruh di gril mengikuti peraturan standar keselamatan pejalan kaki. Pada area sisi samping pun sudah tidak lagi polos layaknya 300TE berkat hadirnya aksen lekukan garis bodi. Di interior, E250 Estate pun terlihat jauh lebih modern. Terdapat layar headunit yang mampu menampilkan berbagai informasi. Karena mobil ini tipe Avantgarde, maka balutan panel kayu pun berwarna hitam. Pada setir pun sudah banyak tombol pengaturan audio dan MID.

Untuk pengaturan cruise control, tersedia tuas khusus di belakang lingkar kemudi. Kini saatnya beralih fokus utama di pembahasan ini, kapasitas bagasi. Kami melakukan pengukuran kapasitas bagasi keduanya saat posisi bangku baris kedua masih tegak. Hasilnya Mercedes-Benz 300TE memiliki dimensi panjang bagasi 102 cm, lebar 123 cm dan tinggi 84 cm.

Sedangkan Mercedes-Benz E250 Estate Avantgarde memiliki ukuran bagasi dengan panjang 110 cm, lebar 122 cm dan tinggi 77 cm. Jika dibandingkan, keduanya memiliki dimensi bagasi yang mirip. Saat diuji dimuati barang pun, keduanya seimbang. Yang menarik, untuk membuka bagasi belakang Mercedes-Benz 300TE, Anda harus beranjak keluar dan membukanya secara manual dari belakang.

Sedangkan Mercedes-Benz E250 Estate hanya perlu menekan tombol dari trim pintu pengemudi, pintu bagasi pun terbuka. Pintu bagasi E250 sudah menggunakan jenis full elektrik sedangkan 300TE belum, tapi sudah vacuum door. Keduanya terbukti sangat akomodatif saat dipakai kegiatan berbelanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.