5 Aturan Ber-Gadget Bag3

Semua permainan itu sangat baik untuk mengembangkan imajinasi, kreativitas, dan kemampuan motorik anak. 4.LAKUKAN PROTEKSI Proteksi bisa langsung mem buat anak tidak bersinggung– an dengan game-game yang akan kita jauhkan darinya, biasanya yang berbahaya adalah game online. Untuk itu, kita bisa memasang aplikasi Parental Control (PC), alat ini dapat membantu kita mengawasi dan memproteksi penggunaan gadget anak.

Baca juga : kursus ielts di jakarta

Ada banyak jenis PC, Ma, penggunaannya disesuai dengan perangkat yang dipakai oleh anak, apakah gadget, laptop/ notebook, tablet, atau komputer desktop. Selain itu, sesuaikan pula dengan usia si anak. Bagi anak di bawah 12 tahun dapat menggunakan aplikasi PC Kakatu karena kebutuhannya disesuaikan untuk anak usia tersebut. Misal, bagaimana mengontrol anak ketika bermain game agar terhindar dari kecanduan dan konten pornograf/kekerasan yang mungkin ada di dalamnya.

Setelah meng-install aplikasi PC, semisal, aplikasi Kakatu, di handphone/ tablet anak, kemudian pilihkan aplikasi atau game yang sesuai untuknya, maka aplikasi yang tidak sesuai umurnya akan diblok secara otomatis. Berikutnya, atur waktu penggunaannya sesuai dengan rekomendasi, misal, 30 menit, maka setelah 30 menit handphone/tablet itu akan terkunci otomatis. Kita juga dapat melihat histori penggunaannya, yaitu aplikasi atau game apa saja yang sudah dimainkan anak dan hingga berapa lama durasinya.

Selain menggunakan aplikasi yang harus di-download, Mama Papa bisa juga melakukan proteksi dengan mensetting aplikasi yang biasa anak gunakan: Google, Youtube, dan Playstore. Contoh: Mama Papa dapat mengaktifkan “Google Safe Search”, Youtube “Mode Terbatas” yang dapat meminimalisir konten dewasa di internet, hingga memflter konten aplikasi dan game yang sesuai usia anak di Playstore. Namun harus dipahami, secanggih apa pun aplikasi PC yang kita gunakan untuk “melindungi” anak, pada akhirnya peran aktif orangtua adalah yang utama.

Ingat, software atau aplikasi hanyalah tools, tak bisa diserahkan sepenuhnya masalah pengawasan, pemahaman, dan pendampingan anak kepada software PC. PC akan maksimal dirasakan manfaatnya ketika orangtua benar-benar dapat memberi pemahaman kepada anak mengenai penggunaan gadget yang aman/sehat dan mendampingi anak kala nge-game atau berselancar di dunia maya. 5.TINGGALKAN PONSEL SAAT BERSAMA Manfaatkan waktu bersama dengan anak tanpa diganggu oleh ponsel atau gadget apa pun. Jadi, baik Mama Papa maupun anak-anak, tidak ada yang aktif ber-gadget, kecuali menerima telepon penting, misalnya. Dengan menikmati waktu bersama anak-anak tanpa kehadiran gadget akan meningkatkan kualitas hubungan antar-anggota keluarga.

Sumber : https://westwoodprep.com/id/

Leave a Reply

Your email address will not be published.