Update untuk Manusia ala NET89

Update untuk Manusia ala NET89 – Dahulu Cyborg hanya ada dalam cerita ­ ksi. Kini, berkat semakin canggihnya algoritma chip komputer, manusia setengah robot hadir di hadapan Anda. D alam dua tahun, Swiss akan menyaksikan sebuah era baru saat Cybathlon pertama berlangsung di negara tersebut. Cybathlon adalah kompetisi olahraga untuk penyandang disabilitas dengan bantuan robot. Bisa dikatakan, inilah Olimpiade Cyborg. Kompetisi ini bukan sekadar olahraga pada umumnya, karena menggunakan teknologi Cyborg. Banyak yang dibahas dan dipertentangkan di sini. Lihatlah hasil yang pernah diraih Markus Rehm dengan jumper tambahannya. Ia memenangkan kejuaraan Atletik Jerman tahun 2014 dengan lompatan 8.24 meter.

Namun, Asosiasi Atletik Jerman tidak memberinya izin untuk berpartisipasi dalam kejuaraan Eropa karena ia akan memiliki keuntungan berkat anggota badan buatannya. Padahal, anggota badan buatan yang dimiliki Rehm tidak memiliki motor atau chip komputer. Di balik kasus tersebut, ternyata teknologi modern tidak hanya dapat memperbaiki tubuh kita, tetapi juga meningkatkan kemampuannya, baik untuk kerangka, tangan, mata, atau otak.

Star Wars Arti­ cial Arm DEKA Arm System adalah salah satu lengan buatan yang paling canggih. Anggota badan “Luke Arm” ini dinamai dari sebuah karakter di Star Wars. Lengan ini dapat mengkonversi sinyal saraf menjadi beberapa gerakan simultan. Sensor yang ada di tangan bisa menjadi sangat akurat dalam membaca saraf sehingga lengan dapat dapat menahan telur mentah dengan tangan. Perkembangan ini didukung oleh DARPA, unit penelitian militer AS.

Robot 7 Jari MIT telah mengembangkan robot 7 jari bagi semua orang yang ingin memiliki dua jari tambahan. Kedua cakar diikat ke pergelangan tangan dan bekerja mandiri berkat sensor di sarung tangan. Dengan ini, aktivitas yang biasanya membutuhkan dua tangan, seperti membuka botol, kini dapatdilakukan dengan satu tangan.

Arti­ficial Retina Untuk mengembangkan retina buatan, para peneliti di Technische Universitas München menggunakan bahan transparan yang disebut graphene. Bahan ini seharusnya dapat menjamin transmisi sinyal ke saraf optik. Lensa Kontak dengan Display Iris harimau ini sebenarnya hanya memiliki lebar 820 nm saja. Gambar ini dibuat dalam satu layar transparan dan fleksibel. Teknologi baru ini dapat diintegrasikan ke lensa kontak untuk menampilkan sebuah gambar.

Sumber : https://net89.net/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *