Berbagai Alasan Perlunya Menghindari Stres Bag4

Dengan demikian, bila dibutuhkan pemberian obat antidepresan pada mamil, perlu dipertimbangkan dengan hati-hati dan sudah dinilai manIaat serta risiko penggunaan obat tersebut selama kehamilan. ‘ MENINGKATKAN RISIKO ASMA PADA ANAK. Penggunaan jenis obat antidepresi tertentu ternyata berkaitan dengan risiko asma pada anak.

Baca juga : Tes Toefl Jakarta

Hasil riset menunjukkan, anak-anak yang lahir dari Mama yang mengalami depresi selama hamil dan mengonsumsi obat antidepresi jenis trisiklik, memiliki risiko 25% lebih besar untuk menderita asma. TANGGAPAN PAKAR: Obat antidepresan golongan trisiklik memiliki farmakokinetik yang berbeda dengan obat golongan SSRI. Penelitian tersebut tidak menyatakan bahwa obat antidepresan golongan trisiklik menyebabkan peningkatan risiko asma, namun hanya menyatakan bahwa terdapat hubungan di antara keduanya.

Obat Menis trisiklik lebih banyak diresepkan untuk depresi berat, dimana terdapat penelitian yang menyatakan bahwa depresi berat juga berhubungan dengan peningkatan risiko asma. Penelitian tersebut hanya menemukan adanya hubungan depresi dengan peningkatan risiko asma, bukan hubungan sebab/akibat. Ibu yang mendapatkan obat golongan trisiklik diperkirakan telah mengalami depresi yang cukup berat dan telah diketahui pula bahwa depresi juga berkontribusi dalam peningkatan risiko asma.

Penelitian lain juga menyebutkan, faktor-faktor yang berkontribusi terhadap terjadinya asma, diantaranya faktor genetik, faktor lingkungan (alergen), faktor perinatal (lahir prematur, usia mama saat hamil), penyakit-penyakit lain (infeksi saluran nafas, GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), sinusitis ataupun rhinitis kronis), dan lainnya. Sehingga, belum jelas benar, apakah depresi atau obat antidepresi golongan trisiklik yang berkontribusi dalam peningkatan risiko asma pada anak.

Tendangannya pertanda bahagia “Bersama suami tercinta aku melewati waktu panjang dalam menanti hadirnya buah hati. Hampir 2,5 tahun kami menunggu keajaiban yang dikirim Tuhan untuk meramaikan keluarga kecilku ini. Pada trimester pertama saya tidak merasakan gejala yang pada umumnya dirasakan perempuan hamil lain, seperti mual muntah.

Justru suamilah yang mengalami hal tersebut. Lucu sekali sekaligus kasihan melihatnya. Tapi saya sangat bahagia karena si kecil sangat aktif, seolah ikut tertawa dengan apa yang kami alami. Kini pangeran kecil kami telah lahir melalui operasi sesar dengan berat 3,2 kg dan panjang 47cm.” dwi nella handayani ( 7bulan).

Sumber : https://pascal-edu.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *