Jenis-Jenis Feedback Menurut Klasifikasi

Di dalam ilmu komunikasi terdapat beberapa jenis feedback, beberapa diantaranya adalah analogi yang ada di dalam konteks komunikasi yang lain atau bahkan merupakan sifat dari komunikasi tersebut, jenis-jenis tersebut diantaranya adalah :

  1. Feedback Positif-Feedback Negatif

Feedback yang bersifat positif adalah suatu isyarat yang ditunjukkan kepada komunikan yang berarti bahwa mereka memahami apa yang disampaikan oleh komunikator tersebut, dan ingin melakukan kerja sama agar dapat mencapai sasaran komunikasi,

Selain itu feedback yang bersifat positif ini tidak akan menunjukkan gejala perawanan atau bahkan pertentangan. Contoh feedback positif adalah para komunikan mengangguk setuju, memperhatikan dengan seksama, dan responsif untuk bertanya.

Baca Juga: Keren Aplikasi WA Bisa Share Lokasi

Feedback negatif adalah sebuah isyarat atau sebuah gejala yang ditunjukkan oleh para komunikan yang menandakan mereka memiliki sikap yang berkisar seperti halnya tidak setuju, tidak menyukai pesan yang disampaikan, atau bahkan tidak menyukai kepribadian dari sang komunikator tersebut. Dan semua hal yang berlawanan dengan feedback positif tersebut adalah feedback negatif.

Contoh sikap dari feedback tersebut adalah melakukan hal lain yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan apa yang dibahas oleh komunikator, nyeletuk, menginterupsi secara tidak sopan, keluar ruangan tanpa adanya izin terlebih dahulu kepada komunikator, dan tindakan lainnya yang tidak mengenakkan.

  1. Feedback Netral

Feedback Zero, Feedback Netral adalah salah satu jenis feedback yang sulit untuk diidentifikasi oleh komunikator apakah komunikan tersebut memiliki sebuah isyarat atau bahkan suatu gejala yang menunjukkan respon positif atau bahkan respon yang negatif.

Respon yang bersifat netral ini adalah feedback yang tidak memiliki wujud yang jelas. contoh nya adalah perilaku diam dan tidak ada yang ingin bertanya atau bahkan tidak responsif saat komunikator menanyakan kepada komunikannya mengenai suatu hal.

Feedback Zero adalah salah satu feedback yang paling susah untuk dimengerti oleh pihak komunikator, karena para komunikator tersebut tidak mengetahui dengan jelas isyarat atau gejala yang muncul dari komunikan tersebut.

Contoh feedback tersebut adalah disaat komunikator menyampaikan suatu pesan yang bersifat memilukan, malah justru feedback dari para komunikan adalah tertawa terbahak-bahak.

  1. Feedback Internal

Feedback Eksternal, Feedback Internal adalah sebuah sumber respon yang diberikan oleh komunikan sebagai bentuk feedback. Apabila hal tersebut muncul di dalam diri pihak komunikator, maka hal tersebut akan menjadi sebuah feedback internal.

Contohnya adalah saat komunikator memberikan suatu pesan kepada komunikan, dan komunikator tersebut mengingat satu hal kemudian komunikator tersebut akan meralat apa yang sudah mereka sampaikan dengan penjelasan yang baru ia ingat sebelumnya, nah hal tersebut dapat kita lihat sebagai salah satu feedback yang ada di dalam diri komunikator tersebut.

Feedback Eksternal adalah sebuah feedback yang berasal dari pihak komunikan al tersebut ditandakan dengan memberikan suatu ekspresi wajah tertentu dari komunikan tersebut, seperti halnya gerak-gerik, suara yang dibuat oleh komunikan tersebut saat komunikasi antara komunikator dan komunikan sedang berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *